Mengenal Android

Sistem Operasi Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem operasi ini bersifat open source (terbuka) sehingga para programmer dapat membuat aplikasi secara mudah untuk digunakan oleh bermacam perangkat bergerak (misalnya telepon seluler).  Karena Sistem Operasi Android ini merupakan aplikasi open source maka dapat dilakukan modifikasi dan penyebaran secara bebas.

Pada awalnya yang mengembangkan Sistem Operasi Android ini adalah Android Inc., kemudian dibeli oleh Google Inc. yang setelah itu terus menerus melakukan pengembangan ke teknologi yang lebih baik. Nah, Sistem Operasi Android ini punya berbagai macam seri loh, tergantung dari urutan dibuatanya. Sistem Operasi Android yang pertama kali muncul adalah Android 1.0 atau seri Apple Pie. Setelah itu dengan berbagai pengembangan, muncul lah Sistem Operasi Android seri terbaru dengan berbagai pengembangan yang lebih baik lagi.

Secara berurutan, berikut adalah versi-versi Sistem Operasi Android dari awal hingga saat ini:

  1. Android versi 1.0 (Android Apple Pie)
  2. Android versi 1.1 (Android Banana Bread)
  3. Android versi 1.5 (Android Cupcake)
  4. Android versi 1.6 (Android Donut)
  5. Android versi 2.0/2.1 (Android Eclair)
  6. Android versi 2.2 (Android Froyo: Frozen Yoghurt)
  7. Android versi 2.3 (Android Gingerbread)
  8. Android versi 3.0 (Android Honeyc0mb)
  9. Android versi 4.0 (Android Ice Cream Sandwich)
  10. Android versi 4.1 (Android Jelly Bean)
  11. Android versi 4.2 (Android Jelly Bean)
  12. Android versi 4.3 (Android Jelly Bean)
  13. Android versi 4.4 (Android KitKat)

Secara umum, produk alat telekomunikasi canggih yang menggunakan Sistem Operasi Android tidaklah terlalu berbeda dengan alat telekomunikasi canggih lainnya. Perbedaan paling kelihatan tentu saja pada interface atau tampilan serta sistem navigasi di dalamnya. Tapi, alat telekomunikasi dengan Sistem Operasi Android, khususnya Tablet, memiliki keunggulan tersendiri bagi para penggunannya antara lain:

– Multitasks
Dengan fungsi yang multitasks, kamu dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti layaknya di komputer. Kamu bisa mengerjakan tugas mengetik sambil mendengarkan musik sekaligus chatting-an dengan teman-temanmu.

– Merk gadget yang lebih beragam
Tentu saja pilihan merknya akan lebih beragam karena banyak perusahaan alat telekomunikasi mengeluarkan produk terbarunya dengan menggunakan Sistem Operasi Android.

– Open Source
Seperti layaknya aplikasi open source populer lainnya, Android juga memiliki komunitas pengembang yang kuat dan kemudahan bagi kamu untuk membuat aplikasi sendiri dan menyebarkannya di situs resmi Android.

– Fitur Widget
Dengan kebebasan membuat widget di homescreen, kamu bisa dengan mudah mengakses berbagai folder dan aplikasi dengan cepat dan mudah.

– Integrasi mudah dan cepat ke produk-produk Google
Nah, itu tadi sekilas tentang Sistem Operasi Android yang saat ini sedang berkembang. Tentu masih banyak inovasi-inovasi lain dari Android yang akan muncul di kemudian hari. Kita lihat saja teman-teman, kira-kira secanggih apa ya teknologi komunikasi di masa depan. Dan bisa jadi kalian adalah salah satu dari ilmuawan yang akan mengembangkan teknologi tersebut. Kereeeen kaan..!!!

Sumber :

engineeringtown.com

android-developers.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s