Usia Kandungan 37 Minggu

Minggu ini, usia kandunganku masuk 37 minggu… dan ternyata posisi janinku sungsang, dengan kepala di atas, dan letak bokong di bawah. Sebenarnya sejak usia kandungan 27 minggu sudah diketahui bahwa posisi janin sungsang, dan DSOG menyarankan untuk banyak-banyak nungging untuk membantu janin memutar posisinya supaya kepala ke bawah dan bisa dilakukan persalinan normal. DSOG menyarankan untuk nungging 5x sehari dengan durasi masing-masing 10-15 menit. Tetapi dasar emaknya pemalas, nungging cuma dilakukan seingatnya dan kalo ada waktu aja….maafin mamamu ya nak…hasilnya sampe usia 37 minggu ini, posisi si adek masih sungsang.

Tapi, banyak orang bilang memang nungging tidak selalu berhasil membantu janin mengubah posisi, karena banyak faktor, di antaranya ruang rahim yang sempit mengingat ini adalah kehamilan pertama, janin yang besar tentu sulit bergerak di dalam rahim yang sempit dan semakin menyempit karena pertambahan besar janin dari hari ke hari, bisa juga karena ada lilitan tali pusat, tapi untunglah si adek tidak terlilit tali pusat, bisa juga karena ruang rahimnya besar tetapi janin kecil, sehingga janin jadi bebas bergerak, dan banyak hal lain…tapi yang aku ingat cuma itu. Dan penyebab mengapa janin kok posisinya bisa sungsang atau lintang pun tidak bisa diketahui dengan pasti, karena bukan dari aktivitas si ibu, bukan pula karena makanan atau faktor eksternal lainnya. Jadi menurut aku sih, posisi janin sudah benar atau sungsang atau lintang itu karena KEHENDAK TUHAN. Lho? Bukan saya menyalahkan Tuhan lho, tetapi bener kan bahwa semua yang terjadi dalam hidup manusia adalah kehendak Tuhan kan, dan semua yang Tuhan lakukan buat hidup kita adalah BAIK adanya. So, walaupun janinku sekarang udah 37 minggu dan posisinya masih sungsang, aku yakin ini semua kehendak Tuhan yang AMAT BAIK dalam hidupku. Dan satu hal lagi, bahwa aku percaya pada saatnya nanti, Tuhan akan tolong janinku untuk merubah posisinya menjadi kepala di bawah, dan Tuhan juga tolong supaya si adek bisa lahir secara NORMAL. AMIN!!

Banyak juga cerita yang kudengar dari beberapa senior, maksudnya ibu-ibu yang sudah punya pengalaman melahirkan, banyak yang sampai hari perkiraan lahir posisi janin mereka masih sungsang, lintang, bahkan ada yang diagonal, dan mereka bisa persalinan normal karena ternyata posisi janin menjadi normal sesaat sebelum lahir,,,,jadi tidak ada alasan aku untuk khawatir berlebihan, karena kita punya Tuhan yang maha berkuasa melebihi apapun! Walaupun DSOG-ku sudah memvonis untuk SC, aku yakin PASTI BISA LAHIR SECARA NORMAL! AMIN!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s