Cygest Progesterone 400mg

Waktu usia kandungan jalan bulan kelima, aku sempat jatuh kepleset di selokan depan rumah tetangga dengan posisi jatuh terduduk, kaki kanan masuk ke selokan, kaki kiri di atas tanah. Yang pertama aku cek adalah sela-sela kakiku, apakah ada pendarahan dari jalan lahir atau gak….wah kalo iya bisa bahaya nih. Tapi Puji Tuhan, ketakutanku tidak terjadi, cuma lecet-lecet di kaki kanan karena tergores pinggir selokan yang disemen dan permukaannya gak rata.

Selang beberapa waktu, suami nganterin aku cek ke dokter takut kalo kandunganku kenapa-napa gara-gara jatuh itu. Sampai di tempat praktek dokter Sp.OG segera di USG dan puji Tuhan lagi semua dalam kondisi baik, janin baik, plasenta baik, thanks God gak sampai mengguncang. Dalam hati aku memuji janinku, wah dia pasti jagoan dong ya…emaknya ngusruk di selokan dianya tetep sehat lho.

Terus, untuk mengantisipasi kalo-kalo di kemudian hari ada masalah karena peristiwa ini, dokter memberi resep obat penguat kandungan yaitu Cygest 400 mg Progesteron. Dan seremnya, cara mengkonsumsi obat ini adalah dimasukkan lewat *maaf* dubur/anus. Ah aneh-aneh aja….dosisnya 1x sehari, disarankan untuk digunakan sebelum tidur malam.

Cygest 400 mg adalah obat penguat kandungan yang berisi hormon progesteron, emang sih aku ada sejarah kurang hormon juga. Bentuk obatnya mirip peluru pistol, warnanya putih, dilapisi semacam lilin supaya mudah masuk ke dubur dan katanya kalo udah masuk dia akan segera mencair. Penyimpanan obat ini pun harus dimasukkan ke kulkas, kalo gak, bisa mencair, kalo mencair kan susah ntar dimasukinnya.  Karena perbutirnya harganya lumayan, dokter ngasih resep untuk beli 15 butir dulu. Ternyata setelah aku konsumsi selama 15 hari, gak ada masalah dengan kandungan dan akhirnya pemberian obat ini tidak perlu dilanjutkan.

Kasus yang berbeda dialami ama temenku, dia hamil uk 2 bulan, dan sering flek. Dia periksa ke dokter yang sama denganku, dan diberikan obat yang sama juga untuk menguatkan kandungannya. Setelah dia konsumsi 15 hari, ternyata masih sering ngalami flek, bahkan bangun tidur pun dia kadang-kadang flek, akhirnya dokter melanjutkan untuk memberi dia obat itu sampai sekarang.

Kembali aku bersyukur dan merasa bangga banget pada janinku, yang sejauh ini gak rewel dan gak seribet bumil-bumil lain…kamu memang jagoan, nak!

6 thoughts on “Cygest Progesterone 400mg

  1. Mbak, aku jg di minggu ke-6 sampe ke-10 dikasi cygest progesterone ini sama obgyn ku.. Katanya sih yg ini bagus yah.. Awal2 makenya agak2 gimana gitu, bahkan sempet patah cygest nya,,hahaha.. Kurang berpengalaman.. Tp lama kelamaan nyaman kok, malah lebih enak dari minum obat..
    Katanya klo dimasukin dari anus lebih baik penyerapannya oleh tubuh yah.. Take care yah mbak, jgn pake acara nyusruk2 lagi, hehehe..

  2. Mb saya udah pki cigest, katanya bs bwt meperkuat kandungan..cr pki obatnya di masukan ke vagina / dubur?pas kmren dimasukan ke dubur udh lumayan g begt banyak keluar flek nya..tp pas td malem dimasukan ke vagina kok malah jd banyak flek nya..,saya jd takut..kira2 berbahaya g ya mb..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s