Bohong dan Tidak Jujur

Kenapa aku pilih judul “Bohong dan Tidak Jujur”, bukan “Bohong atau Tidak Jujur”? Bukannya bohong sama dengan tidak jujur, pasti itu yang Anda pikirkan. Tapi buat saya, bohong itu “sedikit” berbeda dengan tidak jujur.

Bohong, menurutku mengatakan sesuatu yang lain dari kenyataannya. Tidak jujur, menurutku lebih seperti tidak mengakui sesuatu, tapi bukan mengatakan sesuatu yang lain, artinya orang yang tidak jujur hanya seperti orang yang belum ‘mengaku’, bukan seperti orang yang berbohong atau menipu. Buatku, “berbohong / menipu” konotasinya lebih terasa berat dan menyakitkan dari pada “tidak jujur”.

Hal itu terjadi menjadi kebiasaan burukku, aku sering bohong dan lebih banyak tidak jujur. Padahal aku sadar, satu kebohongan akan menimbulkan banyak kebohongan lain, bisa jadi kebohonganku lebih banyak dari pada ketidakjujuranku. Dan aku harus memaksa diriku untuk berhenti berbohong dan  tidak jujur. Dua-duanya berakibat buruk, sangat buruk!

Sulit memang, tapi mari kita belajar untuk JUJUR.

Leave a Reply

